HILLIA, URFA and Yusup, Muhammad and Kistiono, Kistiono (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN-BASED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA SMA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111381621047.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (709kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (597kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (142kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111381621047_0006057804_0027016401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran brainbased learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA kelas X pada materi Hukum Newton. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian eksperimen. Siswa diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal sebelum diberikan perlakuan kemudian diberi post-test untuk mengetahui keadaan akhir setelah diberikan perlakukan dengan model pembelajaran brain-based learning. Subjek dalam penelitiaan ini adalah siswa kelas X IPA 1 di SMA Negeri 2 Palembang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda Force Concept Inventory (FCI) yang berjumlah 30 soal, untuk mengukur pemahaman konsep siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil tes dari pretest dan posttest setelah dianalisis terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji hipotesis dengan uji-t dependen. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain-based learning. Kata Kunci: Brain-based learnig, pemahaman konsep, Hukum Newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain-based learnig, pemahaman konsep, Hukum Newton |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 7029 not found. |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 05:27 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 05:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/32429 |
Actions (login required)
View Item |