IMELDA, DWI and Hawa, Siti and Puspita, Linda (2018) PENERAPAN MODEL INKUIRI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DALAM SUBTEMA OLAHRAGA TRADISIONAL DI DAERAHKU BAGI SISWA KELAS III SD NEGERI 106 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (699kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (452kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (169kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 86206_ 06131281419071_0015045911_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri pada pembelajaran matematika dalam subtema Olahraga Tradisional di Daerahku di kelas III SD Negeri 106 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIIa dan siswa kelas IIIa yang berjumlah 35 siswa, serta guru kelas IIIb dan siswa kelas IIIb yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, sebagian besar semua langkah model Inkuiri sudah terlaksana pada saat pembelajaran matematika di kelas III. Hanya saja saat kegiatan pembelajaran tertentu, pada langkah orientasi guru terlupa untuk menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran. Serta pada langkah mengumpulkan data, guru masih terlibat membimbing siswa dengan ikut menyelidiki materi pelajaran saat menemukan banyak simetri lipat dan simetri putar. Berdasarkan persentase keterlibatan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Inkuiri diperoleh hasil persentase keterlibatan guru sebesar 83,1% termasuk ke dalam kategori baik. Sedangkan persentase keterlibatan siswa dalam penerapan model Inkuiri diperoleh sebesar 88,7% juga termasuk ke dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inkuiri, nilai hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86206-Elementary Teacher Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Jul 2019 04:17 |
Last Modified: | 26 Jul 2019 16:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/356 |
Actions (login required)
View Item |