Penguji: PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSRI

Sriyanti, Ida (2014) Penguji: PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY UNTUK MATA KULIAH PRAKTIKUM FISIKA DASAR II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSRI. FKIP, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2014_Skripsi_Penguji_Dwi Agustine A. Batraling.pdf]
Preview
Text
2014_Skripsi_Penguji_Dwi Agustine A. Batraling.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah berhasil mengembangkan E-Learning Berbantuan Virtual Laboratory untuk Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar II yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Development Research dengan menggunakan model Rowntee yang terdiri dari tahap perencanaa, pengembangan dan evaluasi. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formative Tesmer terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Teknik pengumpulan data dengan walktrough, angket, dan tes. Penelitian ini telah menghasilkan virtual laboratory online yang valid dengan presentase skor validasi ahli pada aspek materi sebesar 91,67%, aspek media sebesar 96,75%, dan aspek desai pembelajaran sebesar 77,78%. E-learning berbantuan virtual laboratory untuk mata kuliah praktikum fisika dasar II yang dikembangkan memiliki skor kepraktisan pada tahan one-to -one sebesar 81,30% dan tahap small group sebesar 81,50% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil tes pada tahap field test dari 44 mahasiswa yang mendapatkan nilai A sebanyak 14 mahasiswa, nilai B sebanyak 15 mahasiswa dan nilai C juga sebanyak 15 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan Bahwa E-Learning Berbantuan Virtual Laboratory untuk mata kuliah Praktikum Fisika Dasar II telah valid, praktis, dan memiliki efek potensial.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
#4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Dr Ida Sriyanti, M.Si
Date Deposited: 08 Feb 2021 12:33
Last Modified: 08 Feb 2021 12:33
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41831

Actions (login required)

View Item View Item