Sriyanti, Ida and BATRALING, DWI AGUSTINE A (2014) Penguji: PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GUIDED NOTE TAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBEAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI INDERALAYA. FKIP, Universitas Sriwijaya, Indralaya. (Unpublished)
Preview |
Text
2014_Skripsi_Penguji_Fitriyana.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest design yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe guided note taking pada pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Indralaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk aktivasi belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes digunakan untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, terjadi peningkatan nilai pre-test yaitu 29,46 dan rata-rata nilai post-test yaitu 71,41. Hasil belajar siswa pada setiap tahapan kognitif juga menunjukan peningkatan yang signifikan. Selain itu, aktivasi siswa juga menunjukan kategori "aktif" dengan presentase rata-rata keaktifan siswa 76,14%. Berdasarkan hasil gain ternormalisasi, keefektifan peningkagan hasil belajar seluruh siswa menunjukan kriteria "baik" dengan gain ternormalisasi "sedang".
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Dr Ida Sriyanti, M.Si |
Date Deposited: | 08 Feb 2021 12:40 |
Last Modified: | 08 Feb 2021 12:40 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/41832 |
Actions (login required)
View Item |