PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM

CAHYATI, NILAM and Sardianto, Markos Siahaan and Hamdi, Akhsan (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL BERBASIS ARCS-V (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION, AND VOLUTION) PADA MATERI PENDAHULUAN FISIKA KUANTUM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (19MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (856kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181722029_0028066702_0010026901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil survey terhadap 41 mahasiswa Pendidikan Fisika di Universitas Sriwijaya, sebanyak 85,7% mahasiswa mengaku bahwa bahan ajar Pendahuluan Fisika Kuantum yang digunakan saat ini belum membantu mereka dengan baik dalam memahami materi yang diajarkan. Mahasiswa menyatakan bahwa mereka membutuhkan sebuah bahan ajar digital yang dapat meningkatkan motivasi mereka dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar digital berbasis model motivasi ARCS-V menggunakan aplikasi Sway dalam materi Persamaan Schrodinger. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar digital yang valid dan praktis. Model penelitian yang digunakan adalah model penelitian Rowntree yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi menggunakan teknik evaluasi Tessmer yang terdiri dari self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli dan angket. Berdasarkan hasil expert review dari dua aspek penilaian diperoleh rara-rata penilaian para ahli sebesar 97,5% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil One-to-One Evaluation dan Small Group Evaluation diperoleh rata-rata tanggapan mahasiswa secara berurutan adalah 88,6% dan 89,6% yang termasuk ke dalam kriteria sangat praktis. Hasil data ini menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan sudah valid dan praktis. Tanggapan yang diberikan mahasiswa pada survey juga menunjukkan bahwa mereka lebih merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar dengan menggunakan bahan ajar digital. Sehingga, produk ini sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Pendidikan Fisika, Pendahuluan Fisika Kuantum
Subjects: L Education > L Education (General) > L111-791 Official documents, reports, etc.
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 8089 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2021 06:45
Last Modified: 10 May 2021 04:09
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/44409

Actions (login required)

View Item View Item