Anwar, Yenny (2020) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN (Peer Review). Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
Preview |
Text (Dr. Adeng Slamet, M.Si.)
J-Cakrawala Pendidikan.pdf Download (626kB) | Preview |
Preview |
Text (Dr. Riyanto, M.Si.)
J-Cakrawala Pendidikan.pdf Download (638kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan PCK diteliti selama satu tahun setelah melalui semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra PCK menjadi growing PCK. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan PCK calon guru ini bersifat kontinum, bertahap sesuai proses pada tiap tahapan.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Dr Yenny Anwar |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 03:54 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 03:54 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/44888 |
Actions (login required)
View Item |