PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN (Peer Review)

Anwar, Yenny (2020) PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN (Peer Review). Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of Dr. Adeng Slamet, M.Si.]
Preview
Text (Dr. Adeng Slamet, M.Si.)
J-Cakrawala Pendidikan.pdf

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of Dr. Riyanto, M.Si.]
Preview
Text (Dr. Riyanto, M.Si.)
J-Cakrawala Pendidikan.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan PCK diteliti selama satu tahun setelah melalui semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra PCK menjadi growing PCK. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan PCK calon guru ini bersifat kontinum, bertahap sesuai proses pada tiap tahapan.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Yenny Anwar
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:54
Last Modified: 12 Apr 2021 03:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/44888

Actions (login required)

View Item View Item