SOFYAN, MIKI and Suhendi, Didi and Masri, R.H.M Ali (2018) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (506kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (503kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (448kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (225kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181320027_0001105703_0005036803_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh media audio visual terhadap pembelajaran menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X Mia I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas X Mia II sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal (pretest) menulis teks prosedur kompleks kelas eksperimen 50.31 dan kelas kontrol 53.86. nilai rata-rata akhir (posttest) menulis teks prosedur kompleks kelas eksperimen 78.31 dan kelas kontrol 70.46. hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan pada kelas eksperimen 28.18. hasil analisis uji-t menunjukan bahwa thitung (3.321) lebih besar dari tabel (2,006) df = 53 pada tingkat signifikasi 95% (α = 0,025). Ha yang menyatakan ― Ada perbedaan dalam kemampuan menulis teks prosedur kompleks yang belajar dengan menggunakan media audio visual dengan siswa yang belajar dengan mengggunakan media visual (μ 1 ≠ μ 2),‖ Dapat disimpulkan dengan diterimanya Ha bahwa media audio visual lebih berpengaruh daripada media visual pada siswa kelas X SMA N 1 Indralaya Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, media audio visual, menulis teks prosedur kompleks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 03:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2022 06:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/4765 |
Actions (login required)
View Item |