WIJAYANTI, ANINDIA and Akhsan, Hamdi and Marlina, Leni (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI GELOMBANG STASIONER DAN GELOMBANG BERJALAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SMA KELAS XI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181722046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (28MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (771kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (462kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181722046_0010026901_0005087701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (25MB) | Request a copy |
Abstract
Telah dikembangkan media pembelajaran interaktif pada materi gelombang stasioner dan gelombang berjalan berbasis keterampilan berpikir kritis untuk SMA kelas XI yang valid dan praktis. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaa, tahap pengembangan dan tahap evaluasi dimana tahap evaluasi ini menggunaakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdapat empat tahapan, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu walkthough serta data angket. Hasil pada expert review pada aspek isi, desain dan bahasa secara berturut-turut yaitu sebesar 98,46% , 95,0/5 , dan 97,5% yang memenuhi kategori sangat valid. Pada tahapan one-to-one evaluation dari tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang digunkan yaitu dengan skor rata-rata 80,67% dan termasuk kedalam kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation, skor rata-rata yang diperoleh sebesar 87,33% dan memenuhi kategori sangat praktis. Sehingga dengan demikian, berdasarkan data hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengmbangan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Keterampilan Berpikir Kritis, Gelombang Stasioner dan Gelombang Berjalan |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Anindia Wijayanti |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 06:31 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 06:31 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48923 |
Actions (login required)
View Item |