PENERAPAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BIDANG MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN INDRALAYA

ANGGRAINI, WINDY and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2021) PENERAPAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BIDANG MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN INDRALAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (913kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_02.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (299kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_03.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_04.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_05.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_06_ref.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (125kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_0015085906_07_lamp.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_0015085906_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86202_06141281722018_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_86202_06141281722018_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat berapa persentase penerapan penilaian pembelajaran bidang pengembangan motorik halus anak kelompok B dalam masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan oleh guru di TK se-Kecamatan Indralaya dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 45 orang guru yang ada di 6 TK di Kecamatan Indralaya. Sampel diambil 30% dari jumlah populasi yaitu 13 guru dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan perizinan dan perwakilan guru dari 6 TK yang ada di Kecamatan Indralaya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik dekskriptif yaitu menghitung persentase nilai dari hasil angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan capaian persentase nilai akhir dari skor lembar observasi dan angket yang diperoleh adalah 78,75% berada pada kategori baik. Dengan rincian 4 guru dari 13 guru atau sebesar 31% berasal dari TK Islam Luthfiah dan TK Islam Raudhatul Ulum mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. Kemudian 9 guru dari 13 guru atau sebesar 69% berasal dari TKN Pembina, TK Pertiwi, TK IT Menara Fitrah, dan TK Islam Al-Ittifaqiah mendapatkan nilai dengan kategori baik. Indikator tertinggi ialah menyusun dan menyepakati tahap, teknik penilaian dan menetapkan indikator capaian perkembangan bidang motorik halus, melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian perkembangan bidang motorik halus, dan melaporkan capaian perkembangan bidang motorik halus anak pada orang tua, sedangkan untuk indikator yang terendah adalah menyusun dan menyepakati instrumen penilaian perkembangan bidang motorik halus dan mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar bidang motorik halus secara akuntabel dan transparan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Pembelajaran, motorik halus, pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Mrs Windy Anggraini
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:23
Last Modified: 23 Jul 2021 06:23
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50198

Actions (login required)

View Item View Item