ANDIKA, FERLY and Nurbaya, Nurbaya and Rarasati, Sri (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL SUGESTI IMAJINATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VIISMP NEGERI 33 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (295kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (411kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (98kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320016_0015085406_0001105603_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Sugesti Imajinatif terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode experimental. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII.6 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Sugesti Imajinatif dan kelas VII.7 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah perhitungan uji-t menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 48,58 meningkat menjadi 80,06 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 31,48%. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 48,77 meningkat menjadi 72,13 pada postest. Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 23,36%. Hasil analisis data dengan uji-t menunjukkan bahwa t hitung> ttabel atau 5,307>2,000 dengan df=60 pada tingkat signifikansi 95% (a=0,25). Dengan demikian Ha yang berbunyi "Ada perbedaan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa yang diajarkan dengan model Sugesti Imajinatif dan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional‖ diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model Sugesti Imajinatif lebih berpengaruh dari pada menggunakan model konvensional terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Sugesti Imajinatif, Menulis Karangan Narasi. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) > PN4500 Essays (Literary history) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/5029 |
Actions (login required)
View Item |