ANALISIS AERODINAMIKA KENDARAAN TIPE PROTOTYPE SAMARATUNGGA EV DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

AKBAR, ZULTONIK and Burlian, Firmansyah and Gunawan, Gunawan (2021) ANALISIS AERODINAMIKA KENDARAAN TIPE PROTOTYPE SAMARATUNGGA EV DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (734kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_06_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051181722068_0027125810_0007057702_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Aerodinamika adalah cabang ilmu dinamika yang mempelajari gerak suatu udara atau komposisi gas lainnya sehingga menghasilkan suatu gaya gesek yang dapat mempengaruhi kinerja kendaraan. Ada beberapa cara untuk mengetahui aerodinamika pada kendaraan, salah satunya melalui metode computational fluid dynamics (CFD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik aliran udara serta coefficient of drag (cd) dan coefficient of lift (cl) yang terjadi pada prototype Samaratungga EV dengan menggunakan metode computational fluid dynamics (CFD). Setelah itu akan dilakukan modifikasi terhadap desain Samaratungga EV untuk mendapatkan nilai coefficient of drag yang lebih kecil. Simulasi ini dilakukan dengan variasi kecepatan antara 20 km/h – 80 km/h dengan interval 10 km/h. Simulasi menggunakan model turbulensi k-ω SST dengan intensitas 5%. Standar regulasi dari dimensi kendaraan tipe prototype Samaratungga EV mengacu pada standar regulasi Shell Eco-Marathon (SEM) Asia. Hasil coefficient of drag yang didapatkan dari simulasi aerodinamika kendaraan tipe prototype Samaratungga EV adalah sebesar 0.2503 dan coefficient of lift sebesar 0.0512. Sedangkan pada desain modifikasi memiliki nilai coefficient of drag sebesar 0.1762 dan 0.1663 serta coefficient of lift sebesar -0.104 dan -0.0939. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah terjadi penurunan nilai coefficient of drag antara desain awal dan desain modifikasi serta terdapat perbedaan pola aliran udara yang terjadi di sekitar bodi Samaratungga EV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aerodinamika, prototype, CFD, coefficient of drag, coefficient of lift.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ255-265 Heat engines > TJ260.E96 Heat--Transmission--Periodicals. Fluid dynamics--Periodicals. Fluid dynamics. Heat--Transmission.
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Users 2745 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2021 06:19
Last Modified: 03 Aug 2021 06:19
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50668

Actions (login required)

View Item View Item