ANALISIS PENGARUH TOTAL RESISTANCE TERHADAP PRODUKTIVITAS DUMP TRUCK TIPE NOVUS K6DEF TATA DAEWOO DALAM KEGIATAN PENGANGKUTAN BATUBARA DARI PIT GUNUNG AGUNG KE ROM DI PT BUMI MERAPI ENERGI, LAHAT, SUMATERA SELATAN

AL HADI, M. DAFFA and Asyik, Makmur and Bochori, Bochori (2021) ANALISIS PENGARUH TOTAL RESISTANCE TERHADAP PRODUKTIVITAS DUMP TRUCK TIPE NOVUS K6DEF TATA DAEWOO DALAM KEGIATAN PENGANGKUTAN BATUBARA DARI PIT GUNUNG AGUNG KE ROM DI PT BUMI MERAPI ENERGI, LAHAT, SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (898kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_02.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_03.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_04.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (546kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_05.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_06_ref.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_07_lamp.pdf] Text
RAMA_31201_03021281722069_0028125905_0025107401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (633kB) | Request a copy

Abstract

Jalan angkut yang baik merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam kelancaran kegiatan pengangkutan batubara serta proses pencapaian target produktivitas pengangkutan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. PT. Bumi Merapi Energi merupakan perusahaan pertambangan batubara yang memiliki berbagai macam alat angkut dalam proses penambangannya. Berdasarkan hal tersebut dapat dilakukan kajian teknis mengenai perhitungan aktual dan teoritis total resistance pada proses pengangkutan batubara serta perbandingan perhitungan total resistance aktual sebelum dilakukan perbaikan dan teoritis sesudah dilakukan perbaikan terhadap produktivitas pada proses pengangkutan batubara dari pit gunung agung ke ROM. Dilakukan pengambilan data cycle time untuk perhitungan produktivitas, menghitung lebar jalan angkut minimum, pembagian segmen jalan saat lurus dan tikungan, cross slope, dan kedalaman penetrasi ban. Berdasarkan perhitungan total resistance terdapat beberapa segmen jalan yang tidak memenuhi syarat maksimum maupun minimum suatu jalan angkut yaitu saat bermuatan nilai total resistance terbesar pada segmen GA 3-4 17,72% dan yang terkecil pada segmen GA 11-12 sebesar -0,46%. Saat tidak bermuatan nilai total resistance terbesar pada segmen GA 7-6 sebesar 20,58% dan yang terkecil pada segmen GA 10-9 sebesar – 1,83%. Nilai total resistance setelah perbaikan saat bermuatan yang terbesar pada segmen GA 18-19 sebesar 14,60% sedangkan yang terkecil terdapat pada segmen GA 11-12 sebesar -0,46%. Sedangkan saat kosong nilai total resistance terbesar pada segmen GA 20-19 yaitu 15% sedangkan yang terkecil pada segmen GA 15-14 sebesar 0,44%. Produktivitas alat angkut sebelum dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 60,49 ton/jam/unit dengan waktu edar 12,39 menit. Produktivitas alat angkut setelah dilakukan perbaikan terhadap nilai total resistance adalah 73,64 ton/jam/unit dengan waktu edar 11,53 menit. Pengaruh total resistance alat angkut terhadap produktivitas alat angkut adalah semakin kecil nilai total resistance maka waktu edar juga semakin kecil sehingga produktivitas alat angkut semakin meningkat. Perlu dilakukan perawatan geometri jalan secara berkala untuk meningkatkan produktivitas alat angkut sehingga alat angkut bisa bekerja optimal sehingga mengurangi cycle time dan meningkatkan produksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Grad Resistance, Rolling Resistance, Total Resistance, Hauling, Produktivitas
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1)
Depositing User: Mr. M. Daffa Al Hadi
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:35
Last Modified: 28 Jul 2021 08:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50789

Actions (login required)

View Item View Item