HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR DARING (DALAM JARINGAN) PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 MARTAPURA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

KHOIRUNNISA, KHOIRUNNISA and Huzaifah, Siti and Madang, Kodri (2021) HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR DARING (DALAM JARINGAN) PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 MARTAPURA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_TURNITN.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_TURNITN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_02.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_03.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (416kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_04.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_05.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84205_06091281722020_0016075602_0008016901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Banyak faktor yang berhubungan dengan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring diantaranya kesadaran metakognitif dan dukungan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar daring peserta didik kelas XI MIA (Matematika dan Ilmu Alam) SMA Negeri 3 Martapura pada materi sistem pencernaan tahun ajaran 2021/2022. 73 sampel penelitian ini ditentukan secara acak dari 3 kelas XI MIA selanjutnya diberikan angket untuk mengetahui kesadaran metakognitif dan hubungan keluarga juga diberikan soal pilihan ganda untuk mengetahui hasil belajar. Analisis korelasi dan regresi berganda dilakukan untuk melihat hubungan antara kesadaran metakognitif dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang positif namun tergolong rendah (r = 0,228) antara kesadaran metakognitif dengan hasil belajar daring (sumbangan efektif = 7,7% ; sumbangan relatif = 86,7%). Terdapat korelasi negatif (r = -0,053) antara dukungan keluarga dengan hasil belajar daring (sumbangan efektif =1,18% ; sumbangan relatif 13,27%) dengan demikian nilai total sumbangan efektif 8,88% dengan Persamaan regresi yang muncul dalam penelitian ini adalah (Y = 12,917+0,152 X1 - 0,108 X2) yang menunjukan rendahnya hubungan kesadaran metakognitif dan dukungan keluarga terhadap hasil belajar daring. Implikasi dari penelitian ini yaitu kesadaran metakognitif dan dukungan keluarga tidak berhubungan erat terhadap hasil belajar dan masih banyak faktor lain yang memiliki hubungan lebih erat. Kata Kunci: Hasil Belajar Dalam Jaringan, Kesadaran Metakognitif, Dukungan Keluarga, SMA Negeri 3 Martapura, Sistem Pencernaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Dalam Jaringan, Kesadaran Metakognitif, Dukungan Keluarga, SMA Negeri 3 Martapura, Sistem Pencernaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC230-235 Parent-teacher associations. Home and school associations
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Khoirunnisa Khoirunnisa
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:37
Last Modified: 05 Aug 2021 02:37
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/51630

Actions (login required)

View Item View Item