PENGARUH STRATEGI PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR

SARI, CICI INDAH and Mulyani, Sri Rarasati and Alwi, Zahra (2018) PENGARUH STRATEGI PREDICT, LOCATE, ADD, NOTE TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_02. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_03. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_04. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_05. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (334kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_88201_06021181419003_0001105603_0006125201_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi Predict, Locate, Add, Note (PLAN) terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS.1 dan kelas X IIS.2 yang berjumlah 27 siswa, kelas eksperimen dengan perlakuan menggunakan strategi PLAN dan kelas kontrol dengan perlakuan menggunakan strategi discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 56,11 dan nilai tes akhir sebesar 83,18 sedangkan hasil tes awal kelas kontrol sebesar 51,77 dan nilai tes akhir sebesar 71,55. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 27,08 pada kelas eksperimen dan peningkatan sebesar 19,78 pada kelas kontrol. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung (4,561) > ttabel (1,675) dengan df = 52 pada tingkat signifikan 95% (α=0,05). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Dengan demikian, Ha berbunyi “Ada perbedaan antara kemampuan siswa yang diajar dengan strategi PLAN dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi discovery dalam pembelajaran memahami teks eksposisi (μ1≠μ2)” diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi PLAN berpengaruh terhadap kemampuan memahami teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi PLAN, membaca pemahaman, teks eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 30 Aug 2019 06:54
Last Modified: 30 Aug 2019 06:54
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/5184

Actions (login required)

View Item View Item