ANALISIS TEGANGAN STATIS PADA CHASSIS MONOCOQUE KENDARAAN PROTOTYPE MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2018

DILINGGA, FAHD and Yani, Irsyadi (2019) ANALISIS TEGANGAN STATIS PADA CHASSIS MONOCOQUE KENDARAAN PROTOTYPE MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK INVENTOR PROFESSIONAL 2018. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (609kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_02.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (205kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_04.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_04.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_05.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_06_ref.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_53666_07_lamp.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_53666_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_20210_03051281520100_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_20210_03051281520100_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam hal pembuatan mobil hemat energi kelas protoype, casis memegang peranan penting dimana chassis merupakan tempat untuk meletakkan berbagai kelengkapan kendaraan seperti komponen mesin sebagai penggerak, sistem kemudi, dan pengendara itu sendiri, serta berbagai hal menyangkut kenyamanan pengendara. Casis yang di butuhkan adalah casis yang kuat dan aman guna menahan pembebanan yang diberikan. Sebelumnya, Tim Sriwijaya Eco telah memanufaktur chassis dengan menggunakan material aluminium. Pada penelitian ini, material sebelumnya diganti dengan material komposit (CFRP) guna menurunkan berat casis sementara tetap mempertahankan kekuatan dan kemanannya. Proses pengembangan desain dan simulasi analisis tegangan statis model chassis dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor Professional 2018. Proses pengembangan desain monocoque meliputi pemilihan bentuk serta ukuran dari monocoque mobil hemat energi yang akan dirancang. Proses desain ini akan diwujudkan dengan menggunakan bantuan perangkat lunak Autodesk Inventor Professional 2018. Pada awal penegmbangan desain, model yang dibuat adalah model awal dengan 5 variasi ketebalan. Setelah dilakukan permodalan desain awal, dilanjutkan dengan proses simulasi desain berdasarkan pembebanan dengan kondisi batas yang telah ditentukan dengan menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor 2018. Proses simulasi ini menghasilkan output simulasi, yaitu tegangan von-mises maksimum, diplacement maksimum, dan faktor keamanan minimum. Output simulasi model awal inilah yang di jadikan rujukan dalam melakukan proses optimasi model awal, dimana perubahan yang dilakukan ialah pengurangan ketebalan di beberapa sisi monocoque serta penambahan ketebalan monocoque di bagian bawah monocoque. Setelah dilakukan proses optimasi di beberapa bagian monocoque, didapatkanlah model monocoque hasil optimasi dimana model ini dijadikan sebagai model final.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Casis Monocoque, CFRP, Analisis Tegangan Statis, Displacement Maksimum, Tegangan Von-mises Maksimum, Faktor Keamanan Minimum.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Users 1607 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2019 04:16
Last Modified: 02 Sep 2019 04:16
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item