ABADI, ABADI and Ernalida, Ernalida and Oktarina, Santi (2009) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS 5 SD KAVERIUS 2 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56071002046.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (50MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (973kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (649kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002046_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (17MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menulis Paragraf Dengan Teknik Modelling Pada Siswa Kelas V SD Xaverius 2 Palembang”. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik modelling dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan teknik modelling keterampilan menulis paragraf siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan secara bersiklus, dari siklus I,II, dan III. Pada tiap-tiap siklus dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Xaverius 2 Palembang yang beijumlah 33 siswa dengan perincian 21 siswa laki-laki 12 perempuan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes, wawancara, dan observasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dengan nilai rata-rata tes awal 5,29, siklus I 6,65, siklus II 6,95 dan siklus III 7,57. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada ketuntasan belajar yaitu bila 85% atau lebih jumlah siswa mendapat nilai nilai > 6,5. Ternyata berdasarkan nilai siklus III ketuntasan belajar mencapai 9,90%. Jadi secara kuantitas sudah teijadi peningkatan nilai dan melebihi nilai ketuntasan belajar. Dilihat dari segi proses teijadi peningkatan, karena berdasarkan pengamatan, siswa tampak antusias, aktif, berekpresi, bergembira, dan penuh tanggung jawab. Dari hasil wawancara dapat diketahui siswa senang dengan pembelajaran modelling yang disediakan oleh guru. Siswa dapat membuat paragraf sendiri dengan baik dan tidak merasa tertekan, dan bekeija dengan penuh tanggung jawab. Kata kunci : Pembelajaran, menulis paragraf, teknik, modelling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, menulis paragraf, teknik, modelling. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 08:12 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 08:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/57876 |
Actions (login required)
View Item |