KEEFEKTIFAN TEKNIK PARAFRASE DALAM MEMAHAMI PUISI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 43 PALEMBANG

ELINDA, TJIKMAS and Ratnawati, Latifah and Mukmin, Suhardi (2006) KEEFEKTIFAN TEKNIK PARAFRASE DALAM MEMAHAMI PUISI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 43 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06033112056.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (42MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_02.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_03.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_04.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_05.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (679kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112056_0007025502_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06033112056_0007025502_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Keefektifan Teknik Parafrase Dalam Memahami Puisi Siswa Kelas V SD Negeri 43 Palembang” dengan tujuan untuk mendeskripsikan keefektifan teknik parafrase dalam memahami puisi bagi siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian ini beijumlah 61 orang, dengan rincian 28 orang siswa kelas VA (kelas eksperimen) yang menggunakan teknik parafrase dan 33 orang siswa kelas V B (kelas kontrol) yang menggunakan teknik konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah teknik parafrase lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional memahami puisi bagi siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes memahami puisi, dan teknik untuk menganalisis data adalah teknik statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami puisi siswa kelas eksperimen yang menggunakan teknik parafrase lebih tinggi daripada kemampuan siswa kelas kontrol yang menggunakan teknik konvensional, baik pada tingkat kepercayaan 95 %, maupun tingkat kepercayaan 99 %. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Teknik Parafrase lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional dalam memahami puisi bagi siswa kelas V SD Negeri 43 Palembang terbukti kebenarannya”. Kata Kunci: Parafrase, memahami puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Parafrase, memahami puisi.
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 05:02
Last Modified: 22 Dec 2021 05:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59222

Actions (login required)

View Item View Item