HARYANI, LIEZ and Nurhayati, Nurhayati and Ernalida, Ernalida (2006) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 23 PALEMBANG MENULIS FAKTA MELALUI TEKNIK INKUIRI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06033112047.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (46MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (821kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06033112047_0002026203_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (18MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan menulis fakta bagi siswa kelas IIIi SMP Negeri 23 Palembang dapat meningkat melalui teknik ikuiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis fakta melalui teknik inkuiri. Manfaat penelitian ini agar dapat digunakan sebagai alternatif teknik pembelajaran bagi guru SMP Negeri 23 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan bersiklus yang dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas lili yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Data penelitian dikumpulkan dari hasil tes, wawancara, dan observasi. Penelitian dilakukan tiga siklus dengan nilai rata-rata tes awal 4,60, siklus satu 5,91, siklus dua 6,72, dan siklus tiga 7,12. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada ketuntasan belajar, yaitu bila 85 % atau lebih dari jumlah siswa mendapat nilai > 6,5, di samping itu juga terjadi peningkatan proses. Berdasarkan nilai siklus tiga ketuntasan pembelajaran mencapai 90 %. Berarti secara kuantitas sudah terjadi peningkatan nilai dan melebihi batas kriteria ketuntasan belajar. Dilihat dari segi proses terdapat peningkatan karena berdasarkan pengamatan, siswa sangat antusias, aktif, dan gembira serta dapat menyelesaikan tulisannya. Dengan demikian secara kualitas juga terjadi peningkatan. Dari hasil wawancara diketahui bahwa siswa lebih senang belajar dengan mengamati langsung benda nyata sebagai sarana pembelajaran yang memudahkan siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bentuk tulisan. Kata-kata kunci: menulis, fakta, teknik, dan inkuiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menulis, fakta, teknik, dan inkuiri |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 05:33 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 05:33 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59276 |
Actions (login required)
View Item |