KORELASI ANTARA KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 36 PULAU PINANG LAHAT

AFRIANTI, DIAN and Arifin, Siti Salamah and Mukmin, Suhardi (2006) KORELASI ANTARA KETERAMPILAN GURU MENGELOLA KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD NEGERI 36 PULAU PINANG LAHAT. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06033112040.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (53MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06033112040_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_02.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_03.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_04.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_05.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (944kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06033112040_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06033112040_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini beijudul Korelasi Antara Keterampilan Guru Mengelola Kelas dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah guru Bahasa Indonesia menerapkan keterampilan mengelola kelas di SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat, (2) bagaimanakah prestasi belajar siswa SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat, dan (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara kemampuan guru mengelola kelas dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah guru Bahasa Indonesia menerapkan kemampuan mengelola kelas di SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat, mengetahui bagaimanakah prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat, dan mengetahui hubungan antara kemempuan guru mengelola kelas dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa guru Bahasa Indonesia di SD Negeri 36 Pulau Pinang, Lahat ada beberapa orang guru yang sudah cukup baik menerepkan keterampilan mengelola kelas dan ada juga yang belum cukup baik dalam mengelola kelas. Guru yang mengelola kelas dengan baik menghasilkan prestasi belajar siswa yang baik. Guru yang mengelola kelas kurang baik menghasilkan prestasi belajar siswa yang kurang baik pula. Fakta tersebut diperkuat oleh hasil analisis data, yakni terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan guru mengelola kelas dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil “r” product moment = 0,998 dengan menggunakan taraf signifikan 95% diperoleh “r” tabel = 0, 207 sebagai alat penguji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima karena r hitung > r tabel atau 0,998 > 0, 207. Sehubungan dengan hasil tersebut, disarankan agar setiap guru mampu menerapkan keterampilan mengelola kelas dengan sebaik-baiknya agar dapat mendukung peningkatan prestasi belajar peserta didik. Kata-kata kunci: korelasi, keterampilan guru mengelola kelas, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: korelasi, keterampilan guru mengelola kelas, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:43
Last Modified: 22 Dec 2021 06:43
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59309

Actions (login required)

View Item View Item