Ardalinda Januariah, 06057181419075 (2019) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI EVERYONE A TEACHER HERE TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 1 INDRALAYA SELATAN. PPKn, Unsri.
Preview |
Text
Ardalinda Januarih_2019 Pembimbing.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Indralaya Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Indralaya Selatan yang berjumlah 128 siswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII.I sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa dan kcias VIII.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Indralaya Selatan. Hal ini terbukti dari hasil analisis data uji peningkatan kemandirian belajar peserta didik diperoleh nilai Sig (2-tailed) <a .05, maka Ho, ditolak dan Ha, diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran Everyone Is A Teacher Here terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 1 Indralaya Selatan. Kata Kunci : Strategi Everyone Is A Teacher Here, kemandinan belajar, PPKn
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Strategi Everyone Is A Teacher Here, kemandinan belajar, PPKn |
Subjects: | #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 03:20 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 03:20 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/59980 |
Actions (login required)
View Item |