Santi Widiastuti, Br. Pinem (2016) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Teknik Know-Want-Learned-How (KWLH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 45 Palembang. PPKn, UNSRI.
Preview |
Text
PN 2016 Santi Widiatuti Br.Pinem.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif teknik Know-Want-Learned-How (KWLH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 45 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP 45 Palembang dan menjadi sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan siswa kela VII.6 sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel yang diguunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi, dan tes.dari data tesyang didapatkan rata-rat untuk kelas eksperimen yang menerapkan teknik pembelajaran kolaboratif teknik Know-Want-Learned-How (KWLH) sebeasr 80 sedangkan data hasil tes kelas control dengana mengunakan teknik pengajar berbalasan didapat nilai rata-rata sebesar 75. Kemudian dari hasil analisis melalui uji t-tes, Hₒ ditolak dan jika sign <α dari analisis diperoleh sign = .000 dan α=.05 karena sign <α, maka Hₒ ditolak dan menerima Hₐ. Dengan demikian terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas control. Perbedaan itu terjadi karena ada prlakuan yang berbeda yang megakibatkan pengaruh yang berbeda pula. Kata kunci: Teknik Pembelajaran Know-Want-Learned-How (KWLH). Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 03:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60067 |
Actions (login required)
View Item |