Rica, Gustini (2017) Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran PPKn Yang Diajarkan Menggunakan Media Poster Dengan Charta Di SMP Negeri 13 Palembang. PPKn, UNSRI.
Preview |
Text
Rica Gustini (sk).pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang diajarkan menggunakan media poster dengan charta di SMP Negeri 13 palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi exsperimental design, dengan menggunakan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik dalam pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.9 dan Kelas VII.10 adapun teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil analsisi observasi rata-rata persentase motivasi belajar siswa di kelas VII.9 sebesar 71% dengan kategori baik sedangkan hasil rata-rata presentase motivasi belajar siswa di kelas VII.10 sebesar 61% dengan kategori baik. Kemudian teknik yang digunakan dalam analisis data yaitu analisis data statistic parametris melalui uji hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel t-test, dan hasil analsisis diperoleh nilai sig sebesar .000 < .05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn yang diajarkan menggunakan media poster lebih tinggi dibandingkan media charta di SMP Negeri 13 Palembang. Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Media poster dan Charta
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 03:17 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 03:17 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60072 |
Actions (login required)
View Item |