PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 2 PALEMBANG

Gina Lavisa, 06101405003 (2015) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS MANDIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS X SMA NEGERI 2 PALEMBANG. PPKN, UNSRI.

[thumbnail of PN 2015 Gina Lavisa.pdf]
Preview
Text
PN 2015 Gina Lavisa.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pemberian tugas mandiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 2 Palembang. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian eksperimental design, dengan tipe pretest-posttest noneguivalent-group design. Sedangkan teknik analisa data dengan menggunakan uji-t. Dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pemberian tugas mandiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 2 Palembang dengan taraf signifikan sebesar 5% atau α=0,05. Hal tersebut terbukti dari rata-rata hasil tes setiap akhir pertemuan untuk kelas eksperimen yaitu 79,10 lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 78,35 dengan KKM 75. Secara statistik melalui analisa uji-t diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (t hitung = 14,962 ˃ t tabel = 1,665). Dengan demikian menolak ho dan menerima ha yang menyatakan, ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan metode pemberian tugas mandiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 2 Palembang. Kata kunci : Metode Tugas Mandiri, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:17
Last Modified: 30 Dec 2021 03:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60075

Actions (login required)

View Item View Item