PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Tri Indrayati, 06051281320003 (2018) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. PPKN, UNSRI.

[thumbnail of PN 2018 Tri Indrayati.pdf]
Preview
Text
PN 2018 Tri Indrayati.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat perbandingan motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMP Srijaya Negara Palembang. Hal ini terlihat dari hasil rata-rata persentase observasi motivasi belajar siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yaitu sebesar 71% dengan kategori baik, sedangkan hasil rerata persentase motivasi belajar siswa kelas VII.C sebagai kelas kontrol sebesar 64% dengan kategori baik. Kemudian hasil analisis melalui uji independent samples t-test, diperoleh sign = .000 dan α = .05 karena signifikansi .000 < .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian terdapat perbandingan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran CIRC lebih tinggi dibandingkan dengan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Script. Kata-kata Kunci: motivasi belajar siswa, model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), model Cooperative Script

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:20
Last Modified: 30 Dec 2021 03:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60077

Actions (login required)

View Item View Item