PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG

Aminah, Mersi (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP SRIJAYA NEGARA PALEMBANG. Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of PM 2017 Mersi Aminah.pdf]
Preview
Text
PM 2017 Mersi Aminah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Srijaya Negara Palembang yang berjumlah 119 siswa yang terdiri dari 3 kelas dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan VIILC sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan tes. Dari data hasil tes yang didapatkan untuk kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran learning cycle data hasil tes kelas eksperimen yaitu kelas VIIIB di dapat nilai rata-rata adalah 78 dan kelas VIILC sebagai kelas kontrol adalah 76. Berdasarkan pengujian statistik dengan nilai uji t-test diperoleh sebesar sig 000<a = .05, maka pada taraf kepercayaan 95% hipotesis H. diterima dan H, ditolak Dengan demikian hipotesis (H₂) yaitu "Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran PPKn terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Srijaya Negara Palembang secara statistik terbukti dan diterima.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:28
Last Modified: 17 Jan 2022 03:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60286

Actions (login required)

View Item View Item