PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG

MABIN APRIAWAN, 06101405009 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS X SMA NEGERI 11 PALEMBANG. PPKN, UNSRI.

[thumbnail of Penguji 2017 Mabin Apriawan.pdf]
Preview
Text
Penguji 2017 Mabin Apriawan.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 11 Palembang yang berjumlah 408 orang dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil observasi data penelitian diproleh perbedaan rerata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan metode pembelajaran curah pendapat sbesar 77.25% dengan kategori aktif, sedangkan rerata persentase keaktifan belajar siswa dengan metode pembelajaran problem solving hanya 71.7% dengan kategori aktif. Didukung pula dari hasil analisis uji t dengan rumus independent sample t-tes menujukkan thitung 6,429 sedangkan ttabel 1.690. Dengan demikian thitung ˃ ttabet Artinya menolak Ho dan menerima Ha, dengan demikian adanya perbedaan yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran brainstorming terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X SMA Negeri 11 Palembang. Kata-kata Kunci: Metode Pembelajaran Brainstorming, Keaktifan Belajar Siswa.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:25
Last Modified: 17 Jan 2022 03:25
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60311

Actions (login required)

View Item View Item