Pengembangan Modul Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas

Supriyanto, Anton (2018) Pengembangan Modul Berbasis Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Atas. Master thesis, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Anton Supriyanto TP 2018.pdf]
Preview
Text
Anton Supriyanto TP 2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah menghasilkan modul berbasis berpikir kritis pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PPKn) di Sekolah Menengah Atas yang valid, praktis dan memiliki dampak potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Prosedur penelitian menerapkan model modifikasi pengembangan Rowntree dengan modci pengembangan Tessmer. Pada tahap awal penelitian dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu: perencanaan, pengembangan dan evaluasi. Pada tahap evaluasi menerapkan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: self evalmarion, cxpert review, one-to-one evaluation, small group. dan field tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X.IPA.I SMA Negeri I Tanjung Batu Kabupaten Ogan Ilir. Modu! sebagai produk penelitian ini dinyatakan valid dikarenakan expert review menyatakan modul berbasis kritis yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada one-toone evaluation. Pada tahap smali group, data yang dihimpun melalui penyebaran angket respon peserta didik terhadap modul dalam kategori sangat praktis. Hasil Observasi rata-rata keaktifan peserta didik dikategorikan sangat aktif. Hasil field fest didapatkan hasil rata-rata hasil belajar dikategorikan sangat baik. dan hasil belajar seluruh peserta didik berada di atas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan terbukti valid, praktis dan memiliki daya efektifitas sangat baik terhadap hasil belajar peserta didik. Saran terhadap guru dan sekolah, agar modul ini dapat digunakan dalam pembelajaran PPKn, serta untuk peneliti lain, modui ini dapat dijadikan pertimbangan sebagai Kata kunci : penelitian pengembangan, berpikir kritis, Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Master)
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86103-Educational Technology (S2)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:13
Last Modified: 18 Jan 2022 05:13
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60334

Actions (login required)

View Item View Item