PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NI UNGGULAN INDERALAYA UTARA

Wulandari, Adelia (2017) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA NI UNGGULAN INDERALAYA UTARA. PPKn, Universitas Sriwijaya.

[thumbnail of Adelia wulindari 2017 (penguji).pdf]
Preview
Text
Adelia wulindari 2017 (penguji).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA N 1 unggulan Inderalaya Utara. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI yang ada di SMA N 1 Unggulan Inderalaya Utara. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 118 siswa dengan menggunakan teknik sampel purposive sampling yaitu sampel yang dipakai berdasarkan pertimbangan tertentu maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang diperlukan dalam analisis data adalah teknik dokumentasi dan teknik tes. Untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa sebaiknya digunakan teknik analisa data statistik. Berdasarkan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 2 untuk dibagian pretest di dapat nilai rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo adalah 71 setelah menggunakan media e-learning berbasis edmodo mendapatkan nilai rata rata sebesar 83. Didukung pula dari hasil pembuktian hipotesis terhadap hasil penelitian yang peneliti lakukan, dan melalui uji t-tes diperoleh sign-000 dan a = .05 karena sign <a 05, maka H, ditolak dan H, di terima dengan demikian adanya pengaruh dari penerapan pembelajaran e-learning berbasis edmodo dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran PPKn di SMAN 1 Unggulan Inderalaya Utara.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Menguji (Examiner)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: Ph.D UMI CHOTIMAH
Date Deposited: 18 Jan 2022 05:22
Last Modified: 18 Jan 2022 05:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60338

Actions (login required)

View Item View Item