Brigita, Merlin Audriani PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN APLIKASI COURSELAB PADA MATERI ANCAMAN INTEGRASI NASIONAL MATA PELAJARAN PPKN DI SMK. PPKn, UNSRI.
Preview |
Text
brigita merlin andriani 2018 penguji.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran berbasis kontckstua Ipada materi Ancaman Terhadap Integrasi Nasional yang valid, praktis, dan mempunyai efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan modci Hannafin dan Peck. Validasi media dinilai melalui tiga ahli yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa.Validasi materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata 4.3, validasi media termasuk dalam katcgori sangat valid dengan rerata 4.5, dan validasi bahasa terrmasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata 4.1. Kepraktisan dinilai menggunakan tahap one /o one yang diujikan kepada tiga orang siswa dengan rerata 4.4 termasuk dalam kategori sangat praktis dan tahap small group yang diujikan kepada enam orang siswa dengan rerata 4.3 termasuk dalam kategori sangat praktis. Pada tahap uji coba multimedia pembelajaran berbasis kontckstual pada 32 ornag siswa kelas X mempunyai efek potensial untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terbukti, terbukti dengan tingkat motivasi belajar sebesar 7994 termasuk dalam kategori motivasi tinggi, karena berdasarkan criteria interpretasiskor 60-80 adalah motivasi tinggi. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa multimedia pembelajaran berbasis kontekstual pada materi hak dan kewajiban dalam berdcmokrasi dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial bagi motivasi belajar siswa Sckolah Menengah Kejuruan. Kata-kata Kunci: Multimedia pembelajaran, kontekstual, Courselab
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #4 Decrees > SK Menguji (Examiner) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1) |
Depositing User: | Ph.D UMI CHOTIMAH |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 05:39 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 08:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60348 |
Actions (login required)
View Item |