PENGARUH MODEL POINTCOUNTER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALEMBANG

PRATIWI, DWI ANITA and Purnomo, Mulyadi Eko and Rarasati, Sri (2014) PENGARUH MODEL POINTCOUNTER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN ARGUMENTASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06091002007.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (83MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_02.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_03.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_04.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_05.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06091002007_0001105603_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06091002007_0001105603_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Point Counter Point terhadap kemampuan mengemukakan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palembang dari kelas VIII 1 sampai VIII 8 tahun ajaran 2012/ 2013 yang berjumlah 209 siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 25 orang dan VIII 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 25 orang. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan penghitungan uji t dengan menggunakan program komputer SPSS 19. Taraf signifikansi 95% (a=0,025). Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal mengemukakan argumentasi kelas eksperimen 53,96 dan kelas kontrol 52,76. Nilai rata-rata tes akhir mengemukakan argumentasi kelas eksperimen 79,84 dan kelas kontrol 64,36. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengemukakan argumentasi siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Palembang pada kelas eksperimen sebesar 25,88 poin. Hasil analisis data dengan uji t menunjukkan bahwa t hitung pada taraf signifikansi 95% yaitu 7,915 sedangkan t mengemukakan argumentasi antara siswa yang diajar dengan menggunakan model Point Counter Point dan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional (p 1 ± \i 2) diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa model Point Counter Point merupakan model yang berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan mengemukakan argumentasi. tabel sebesar 2,011. Dengan demikian Ha: ada perbedaan kemampuan Kata kunci: Point Counter Point, pembelajaran mengemukakan argumentasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Point Counter Point, pembelajaran mengemukakan argumentasi
Subjects: L Education > LA History of education > LA5-2396 History of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:11
Last Modified: 20 Jan 2022 02:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/60994

Actions (login required)

View Item View Item