ANTASARI, ARMI and Ratnawati, Latifah and Nurbaya, Nurbaya (2012) KEEFEKTIFAN MODEL WORD SQUARE (KOTAK KATA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP PATRA MANDIRI 1 PLAJU. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_06081002017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (93MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (15MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06081002017_0007025502_0015085406_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (44MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model Word Sguare (Kotak Kata) terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Patra Mandiri 1 Plaju. Mode Word Square menurut Laurence Urdang dikutip Jamaluddin Kidung yaitu sejumlah kata yang disusun satu di bawah yang lain dalam bentuk bujur sangkar dan dibaca secara mendatar dan menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Patra Mandiri 1 Plaju tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian seluruhnya berjumlah 56 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS 19. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai ratarata tes awal (pretest) memebaca pemahaman kelas eksperimen 59,04 dan kelas kontrol 59,27. Nilai rata-rata tes akhir (postest) membaca pemahaman kelas eksperimen 74,52 dan kelas kontrol 68,41. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Patra Mandiri 1 Plaju pada kelas eksperimen sebesar 15,48 poin. Hasil analisis data dengan uji-t membuktikan bahwa harga “t” perhitungan lebih besar dari harga “t” kritik pada taraf signifikansi 95% yaitu diperoleh t-hitung sebesar (2,205), sedangkan t-tabel sebesar (2,005). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diajar menggunakan model Word Sguare dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (pl ^ p2)” diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Word Sguare dalam pembelajaran membaca pemahaman efektif. Kata-kata kunci : Word Sguare (Kotak Kata), pembelajaran membaca pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Word Sguare (Kotak Kata), pembelajaran membaca pemahaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 28 Jan 2022 01:27 |
Last Modified: | 28 Jan 2022 01:27 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/61929 |
Actions (login required)
View Item |