PRATIWI, OKA AULIA and Alwi, Zahra and Masri, R. H. M. Ali (2011) KEEFEKTIFAN MODEL SNOWBALL THROWING DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_88201_56071002009.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (75MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (10MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (960kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (688kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_56071002009_0006125201_0015026902_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (42MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model snowball throwing lebih efektif dalm pembelajaran membaca pemahaman bagi siswa kelas X SMK Negeri 6 Palembang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model snowball throwing dalam pemebelajaran membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 6 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini berjumlah 70 orang siswa dengan rincian 35 siswa kelas X API (kolompok eksperimen) yang mendapat pembelajaran dengan mengunakan model snowball throwing dan 35 siswa kelas X JB2 (kelompok kontrol) mendapat pembelajaran dengan mengunkan model konvensional. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik tes, yaitu tes objektif berjumlah 15 butir soal. Sedangkan teknik analisis data dengan mngunakan program komputer SPSS 19 (Statistical Product and Service Solution) uji t. Hasil penelitian menujukan adanya peningkatkan rata-rata skor siswa kelas eksperimen dari skor rata-rata pretes sebesar 60,5686 menjadi 76,1914. Skor rata-rata siswa kelas kontrol juga meningkat namun tidak mengalami lonjakan seperti pada kelas eksperimen. Rata-rata pretes kelas kontrol adalah 62, 2857 dan rata-rata postes yang diperoleh kelas kontrol adalah 68,7629. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing lebih efektif dibandingkan model konvesional bila diterepakan dalam pembelajaran membaca pemahaman bagi siswa kelas X di SMK Negeri 6 Palembang. Hal ini dapat dilihat dari peningkatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 15,6228, sedangkan pada kelas kontrol hanya sebesar 6,4772. Kata kunci: model snowball throwing, SPSS 19
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model snowball throwing, SPSS 19 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs. Elly Suryani |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 06:28 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 06:28 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/65903 |
Actions (login required)
View Item |