SAPUTRI, INTAN and Mulyani, Sri Rarasati and Nurbaya, Nurbaya (2018) PENGARUH MODEL PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (863kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (406kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (567kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (227kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419002_0001105603_0015085406_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IIS 1 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting sedangkan kelas kontrol merupakan kelas dengan model pembelajaran Discovery Learning. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,74 dan kelas kontrol 58,18. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 81,00 dan kelas kontrol 69,18. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel = 5,035 > 2,007 dengan df = 52 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada pengaruh siswa yang diajarkan dengan model Probing Prompting terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan diterima. Kesimpulan, model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, model Probing Prompting, menulis teks eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 04:12 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 04:12 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6661 |
Actions (login required)
View Item |