Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang Pada Pembelajaran Matematika

Ilma, Ratu (2012) Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1). P76. ISSN 978-979-16353-8-7

[thumbnail of Makalah ini telah terbit di Prosiding Seminar Nasional UNY 10 November 2012]
Preview
Text (Makalah ini telah terbit di Prosiding Seminar Nasional UNY 10 November 2012)
MAKALAH_SEMNAS_UNY_RATUILMA_2012.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari makalah ini untuk menginformasikan sebagian dari penelitian hibah strategi nasional tahun 2012 yang menggunakan nilai-nilai kearifan yang diambil dari bermacam cerita rakyat Indonesia. Metode yang digunakan adalah Design Research yang setiap siklusnya terdiri tiga langkah yaitu preliminary study, classroom eksperiment dan restropective analysis. Pada makalah ini hanya dibahas langkah preliminary saja. Kegiatan utama yang dilaksanakan meliputi investigasi berbagai cerita rakyat, analisis kurikulum, studi pustaka, dan pendisainan prototipe awal. Telah dihasilkan 7 Hypotetical Learning Trajectory (HLT) yang menggunakan konteks cerita rakyat Indonesia. Satu konteks cerita rakyat yaitu ?Malin Kundang? akan ditampilkan pada seminar ini. Keywords: HLT, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Malin Kundang, PMRI, Cerita Rakyat, Design Research

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: Dr Ratu Ilma
Date Deposited: 09 Sep 2019 10:51
Last Modified: 13 Dec 2019 03:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6791

Actions (login required)

View Item View Item