Ilma, Ratu (2012) Pendisainan Hypotetical Learning Trajectory (HLT) Cerita Malin Kundang Pada Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1). P76. ISSN 978-979-16353-8-7
Preview |
Text (Makalah ini telah terbit di Prosiding Seminar Nasional UNY 10 November 2012)
MAKALAH_SEMNAS_UNY_RATUILMA_2012.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (256kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari makalah ini untuk menginformasikan sebagian dari penelitian hibah strategi nasional tahun 2012 yang menggunakan nilai-nilai kearifan yang diambil dari bermacam cerita rakyat Indonesia. Metode yang digunakan adalah Design Research yang setiap siklusnya terdiri tiga langkah yaitu preliminary study, classroom eksperiment dan restropective analysis. Pada makalah ini hanya dibahas langkah preliminary saja. Kegiatan utama yang dilaksanakan meliputi investigasi berbagai cerita rakyat, analisis kurikulum, studi pustaka, dan pendisainan prototipe awal. Telah dihasilkan 7 Hypotetical Learning Trajectory (HLT) yang menggunakan konteks cerita rakyat Indonesia. Satu konteks cerita rakyat yaitu ?Malin Kundang? akan ditampilkan pada seminar ini. Keywords: HLT, Nilai-nilai Kearifan Lokal, Malin Kundang, PMRI, Cerita Rakyat, Design Research
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Depositing User: | Dr Ratu Ilma |
Date Deposited: | 09 Sep 2019 10:51 |
Last Modified: | 13 Dec 2019 03:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/6791 |
Actions (login required)
View Item |