SUSTIANI, EKA and Slamet, Adeng and Santri, Didi Jaya (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE (QSH) DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (913kB) |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_ 84205_ 06091181419017 _0011066004_0019056802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar kognitif peserta didik menggunakan strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode diskusi pada materi keanekaragaman hayati di SMA. Penelitian ini menggunakan desain Pre-experimental dalam bentuk one group pretest-posttest design. Pengambilan data hasil belajar kognitif dilakukan di kelas X IPA SMA N 2 Indralaya Utara. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan soal esai. Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dapat dilihat dari selisih nilai rata-rata tes awal yaitu sebesar 40,5 dan tes akhir yaitu sebesar 71,6, gain 31,0 dan n-gain 0,5 dengan kategori sedang. Analisis uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS diperoleh nilai thitung sebesar 15,36 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5 % dengan df sebesar 29 adalah 2,04. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 15,36 > 2,04, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi keanekaragaman hayati di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi pembelajaran Question Student Have (QSH), dan Hasil Belajar Kognitif, Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3050-3060.87 Educational tests, measurements, evaluations and examinations |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:09 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/686 |
Actions (login required)
View Item |