FEBRIANA, RIANA DWI and Pasaribu, Abidin (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181823010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (510kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (292kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (145kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181823010_0002026002_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas E-Learning berbasis Schoology pada materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 9 Palembang ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah kegiatan penelitian eksperimen dengan cara memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya baru diberikan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA 9 Palembang. Dan sample pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Palembang. Pada proses pembelajarannya menggunakan E-Learning berbasis Schoology. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk soal uraian dan hasil tes ini dianalisis dengan menggunakan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yang diperoleh peserta didik adalah 50,78 dan rata-rata posttest yaitu 81,72. Kemudian untuk analisis gain yang ternormalisasi (N-Gain) didapatkan hasil sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori N-gain sedang. Selanjutnya untuk analisis presentase pendapat peserta didik terhadap penggunaan E-Learning berbasis Schoology diperoleh hasil rata-rata sebesar 84,31% dengan kategori sangat baik. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan E-Learning berbasis Schoology efektif terhadap hasil belajar peserta didik terhadap materi suhu dan kalor. Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Schoology
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Hasil Belajar, Schoology |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Riana Dwi Febriana |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:01 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:01 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70483 |
Actions (login required)
View Item |