GITTA, SHELLINA and Aisyah, Nyimas (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN GAMBAR MANUFAKTUR DI KELAS XI TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 4 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_83203_06121181823063.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) | Preview |
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_83203_06121181823063_0010116402_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian tipe one group pretest-posttest atau tes awal – tes akhir kelompok tunggal dengan sampel dipilih secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning dalam mata pelajaran gambar manufaktur mempengaruhi hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata siswa sebelum diberikan model pembelajaran blended learning sebesar 47,91 dan setelah diberikan model pembelajaran blended learning sebesar 76,1. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa harga thitung sebesar 13,29 pada taraf signifikansi 5 % dengan df = 30 maka ttabel didapatkan sebesar 1,697. Karena harga thitung lebih besar dibandingkan dengan harga ttabel (13,29 > 1,697) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran pada saat masa pandemic covid-19, karena dari hasil analisis model pembelajaran blended learning memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI teknik pemesinan SMK Negeri 4 Palembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended learning, quasi eksperiment, pretest-posttest, hasil belajar. |
Subjects: | #1 Repository of Teaching and Learning Process (PBM) > Teaching Materials (Bahan Ajar) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 83203-Mechanical Technique Education (S1) |
Depositing User: | Shellina Gitta |
Date Deposited: | 31 May 2022 04:59 |
Last Modified: | 31 May 2022 04:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/70966 |
Actions (login required)
View Item |