PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA

MARLIN, MARLIN and Safitri, Sani (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_02.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_03.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_04.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (912kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_05.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_06_ref.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_0001086901_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_0001086901_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87201_06041281823061_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87201_06041281823061_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan berjudul “pengaruh pendekatan pembelajaran technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Indralaya Utara”. Rumusan masalah penelitian yaitu adakah pengaruh pendekatan pembelajaran technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia. Tujuan penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan pembelajaran technological, pedagogical, and content knowledge (TPACK) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Februari-21Maret 2022. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain riset eksperimental yang terbagi menjadi dua kelas yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling (sampel acak) dan didapatkan sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan teknik tes. Statistik yang digunakan untuk menganalisa data dalam pembuktian hipotesis menggunakan uji t dengan kriteria berhasil jika t_hitung > t_tabel. Penghitungan dengan taraf nyata (a) 0,05 diperoleh t_hitung= 2,97 > t_tabel= 1,671. Dengan demikian hipotesis (Ha) diterima dan (Ho) ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pendekatan pembelajaran technological pedagogical and content knowledge, berpikir kritis, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LA History of education > LA173-186 Higher education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87201-History Education (S1)
Depositing User: Marlin Marlin
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:38
Last Modified: 15 Jul 2022 04:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/73804

Actions (login required)

View Item View Item