UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEHNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 108 PALEMBANG

JUMLI, JUMLI and Waluyo, Waluyo and Giartama, Giartama (2012) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEHNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 108 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_85201_06097806059.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_02.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_03.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_04.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_05.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_06_ref.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_07_lamp.pdf] Text
RAMA_85201_06097806059_0024015602_0002075706_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Permainan Lompai Tali Pada Siswa Kelas V SD Negeri 108 Palembang . Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah adanya peningkatan tehnik lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat tali pada siswa kelas V SD Negeri 108 Palembang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiapakah ada peningkatan tehnik lompat jauh gaya jongkok melalui metode permainan lompat tali pada siswa kelas V SD Negeri 108 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di SD Negeri 108 Palembang, jalan Ki. Anwar Mangku Lr. Asli Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang beijumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini menggunakan tes unjuk kerja, tes sikap dan kognitif. Tehnik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang terkumpul melalui tiga proses yaitu: 1) tahap reduksi, 2) tahap penyajian data, dan 3) tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang dimulai dengan pengambilan data awal, tercatat dari hasil tes lompat jauh hanya 18 siswa yang berhasil atau 60% dan yang tidak berhasil/belum tuntas 12 siswa atau 40%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1. Skor rata-rata nilai tehnik lompat jauh pada tes awal adalah 68 dan mendapat nilai 87,2 sebanyak 2 siswa atau 6,6%, yang mendapat nilai 82 sebanyak 5 siswa atau 16,7%, yang mendapat nilai 75 sebanyak 6 siswa atau 20%, yang mendapat nilai 69 sebanyak 5 siswa atau 16,7%, yang mendapat nilai 62 sebanyak 5 siswa atau 16,7%, dan yang mendapat nilai 56 sebanyak 7 siswa atau 23,3%. 2. Skor rata-rata nilai tehnik lompat jauh pada tes siklus I adalah 72, yang mendapat nilai 94 sebanyak 1 siswa atau 3,3%, yang mendapat nilai 87 atau 67%, yang mendapat nilai 82 sebanyak 10 siswa atau 33,4%, yang mendapat nilai 75 sebanyak 4 siswa atau 13,3%, yang mendapat nilai 69 sebanyak 5 siswa atau 16,7%, yang mendapat nilai 62 sebanyak 7 siswa atau 23,3% dan yang mendapat nilai 556 sebanyak 1 siswa atau 3,3%. 3. Skor rata-rata nilai tehnik lompat jauh pada siklus II adalah 78 dan mendapat nilai 94 sebanyak 2 siswa atau 6,7%, yang mendapat nilai 87 sebanyak 7 siswa atau 23,4 %, yang mendapat nilai 82 sebanyak 9 siswa atau 30%, yang mendapat nilai 75 sebanyak 4 siswa atau 13,3%, yang mendapat nilai 69 sebanyak 4 siswa atau 13,3%, dan yang mendapat nilai 62 sebanyak 4 siswa atau 13,3%. Nilai tingkat ketuntasan tehnik lompat jauh yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa atau 86,7%, dan yang belum mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau 13,3%. Berdasarkan uraian ketiga tes tehnik lompat jauh telah teijadi peningkatan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tehnik lompat jauh dapat ditingkatkan melalui metode permainan lompat tali di SD Negeri 108 Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Pembelajaran, Tehnik Lompat Jauh, Permainan Lompat Tali
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV346-351.5 School and college athletics. Intramural and interscholastic athletics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:03
Last Modified: 14 Sep 2022 02:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/78343

Actions (login required)

View Item View Item