DARMAYANTI, SISCA and Ratnawati, Latifah and Nurbaya, Nurbaya (2018) PENGARUH STRATEGI INQUIRY JURISPRUDENTIAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (64kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419068_0007025502_0015085406_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Inquiry Jurisprudential terhadap kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 orang dengan perlakuan strategi pembelajaran Inquiry Jurisprudential dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 orang dengan perlakuan strategi pembelajaran konvensional yang biasa digunakan oleh guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 61,86 meningkat menjadi 87,44. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 52,10 meningkat menjadi 64,68. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan *dengan uji t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 10,329 > 2,004 dengan df = 55 pada tingkat keberhasilan 95% (α= 0,025) karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi antara siswa yang diajar menggunakan strategi Inquiry Jurisprudential dengan siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Inquiry Jurisprudential berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Indralaya Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Strategi Inquiry Jurisprudential, menulis teks eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 06:29 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 06:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/7875 |
Actions (login required)
View Item |