FIRMANSYAH, FIRMANSYAH and Ibrahim, Eddy and Suwardi, Fuad Rusydi (2018) KAJIAN TEKNIS GEOMETRI JALAN ANGKUT PRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI OVERBURDEN PADA ALAT ANGKUT ARTICULED DUMP TRUCK VOLVO A 40F DI PT LEMATANG COAL LESTARI KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (595kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (141kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_31201_03021481518001_0022116203_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
PT. Lematang Coal Lestari (PT. LCL) merupakan perusahan yang bergerak pada sektor jasa usaha pertambangan batubara (kontraktor) berada di desa Gunung Raja, kecamatan Rambang Dangku, kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Berjarak ±130 km di sebelah barat laut Kota Palembang. PT. Lematang Coal Lestari mempunyai perjanjian kontrak kerja dengan PT. Musi Prima Coal untuk melakukan penambangan dengan luas 4.443 hektar. Sistem penambangan dilakukan secara surface mining (tambang terbuka) dengan menggunakan kombinasi alat gali-muat dengan alat angkut yaitu 1 unit excavator Volvo 700 BLC dengan 6 unit alat Articuled Dump Truck Volvo A 40F. Target produksi overburden (tanah penutup) yang ingin dicapai pada periode Maret 2017 adalah 260 Bcm/Jam namun ketercapaian hanya sebesar 225,80 Bcm/Jam. Keamanan dan kelancaran operasi pengangkutan tidak pernah lepas dari interaksi antara jalan angkut dan alat angkut itu sendiri. Akses jalan merupakan faktor penting dalam ketercapaian volume material yang dipindahkan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan geometri jalan angkut terdiri dari 13 segmen jalan dengan jarak ±1,7 km yang menghubungkan front penambangan sampai ke disposal. Secara actual dilapangan masih terdapat beberapa segmen jalan yang masih belum memenuhi standar untuk alat angkut yang digunakan yang meliputi lebar jalan angkut pada jalan lurus pada segmen, C-D = 11 m, D-E = 11 m dan tikungan pada segmen BC= 19 m, serta kemiringan jalan angkut terbesar yang menghubungkan front penambangan sampai ke disposal segmen C-D = 13,04 % yang menyebabkan perlambatan pada saat alat angkut berlintasan dan bagi alat angkut bermuatan membutuhkan power yang lebih besar. sehingga terjadinya penambahan waktu edar alat angkut dan belum dapat dikatakan aman ditinjau dari segi Keselamatan. Untuk itu penelitian ini melakukan kajian secara teknis dengan upaya perbaikan terhadap geometri jalan angkut produksi yang meliputi lebar jalan dalam keadaan lurus, lebar jalan pada tikungan, Kemiringan jalan. Setelah di lakukan perbaikan geometri jalan yang mengacu pada dimensi lebar alat angkut yang digunakan dan kemiringan jalan sesuai dengan ketetapan dari departemen K3 PT. LCL dengan cara menurunkan elevasi, maka lebar minimum jalan angkut dalam keadaan lurus adalah 13 m, lebar jalan angkut pada tikungan adalah 21 m dan kemiringan jalan angkut adalah 8,70 %. Dari perhitungan analisa rimpull setelah perbaikan jalan didapatkan estimasi waktu tempuh sebesar 13,44 menit dari waktu sebelumnya yaitu sebesar 15,69 menit. Dengan efesiensi kerja aktual sebesar 67 % maka perkiraan produksi yang dapat dicapai Articuled Dump Truck Volvo A 40F sebesar 263 Bcm/Jam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Geometri Jalan, Waktu Edar Alat Angkut, Produksi |
Subjects: | T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy > TN331-347 Mine transportation, haulage and hoisting. Mining machinery |
Divisions: | 03-Faculty of Engineering > 31201-Mining Engineering (S1) |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 17 Sep 2019 08:20 |
Last Modified: | 17 Sep 2019 08:20 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/7922 |
Actions (login required)
View Item |