MODAL SOSIAL DALAM USAHA SAYUR ONLINE PADA "PASAR ONLINE JAKABARING" DI MASA PANDEMI COVID-19

KUSUMAWATI, DWI RATNA and Hapsari ENH, Dyah and Eva, Lidya (2022) MODAL SOSIAL DALAM USAHA SAYUR ONLINE PADA "PASAR ONLINE JAKABARING" DI MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_07021281722086_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_69201_07021281722086_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_0702128177086_0001016025_0024105911_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_69201_0702128177086_0001016025_0024105911_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_02.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_03.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_04.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_05.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_06_ref.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (789kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_07_lamp.pdf] Text
RAMA_69201_070212817722086_0001016025_0024105911_07_lamp.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 hampir semua kegiatan manusia dapat dibantu dengan internet termasuk kegiatan belanja secara online. Di masa pandemi Covid-19 gelombang pertama, masyarakat Kota Palembang memanfaatkan belanja online sebagai upaya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan kebijakan PSBB dari pemerintah Sumatera Selatan. Adanya PSBB tercipta transformasi pembelian sayur, yang dulu secara tatap muka kini beralih secara online. Ada 20 sayur online di Kota Palembang yang berdiri di masa pandemi Covid-19 kemudian peneliti memilih objek penelitian yaitu Pasar Online Jakabaring yang berlokasi di Kelurahan Kemang Agung, Kecamatan Kertapati, Kota Palembang. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena usaha sayur online berdiri di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan teori modal sosial. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pasar Online Jakabaring memiliki tiga jaringan sosial yang digunakan untuk membangun usaha sayur online yaitu, 1). Jaringan berbasis keluarga, 2). Jaringan berbasis pertemanan. 3). Jaringan berbasis kepentingan. Adapun hasil penelitian yang lain yaitu kepercayaan dari pemilik Pasar online Jakabaring, konsumen, pegawai, dan distributor. Uniknya konsumen melihat unsur kepercayaan terlebih dahulu baru membentuk jaringan. Kata Kunci: Covid-19, Pasar, Online, Jakabaring, Sayur, Pandemi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pasar, Online, Jakabaring, Sayur, Pandemi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 07-Faculty of Social and Politic Science > 69201-Sociology (S1)
Depositing User: Dwi Ratna Kusumawati
Date Deposited: 28 Sep 2022 04:35
Last Modified: 28 Sep 2022 04:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/80066

Actions (login required)

View Item View Item