ROZA, AMALIA and Alwi, Zahra and Mulyani, Sri Rarasati (2018) PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (418kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (104kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (97kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419075_0006125201_0001105603_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Reciprocal Teaching terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII.A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII.C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan metode Reciprocal Teaching sedangkan kelas kontrol adalah kelas dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program komputer SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 51,07 dan kelas kontrol 46,27. sementara hasil tes akhir kelas eksperimen 79,43 dan kelas kontrol 76,30. Dari hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung>ttabel= 3,713>2,002, dengan df=58 pada tingkat signifikansi 95%. Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan kemampuan siswa dalam menulis teks ulasan antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode Reciprocal Teaching dengan siswa yang diajar dengan metode konvesional” diterima. Dengan diterimanya Ha, disimpulkan bahwa metode Reciprocal Teaching lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Indralaya Utara
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, metode reciprocal teaching , teks ulasan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 07:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 07:22 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8242 |
Actions (login required)
View Item |