PERMAISELA, LUSI and Nurhayati, Nurhayati (2018) PENGARUH METODE LISTENING TEAM TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (548kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (467kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (311kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419066_0018076202_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode listening team terhadap kemampuan memahami teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI.IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dengan perlakuan metode listening team dan kelas XI.IPS.2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa dengan metode konvensional. Peneltian ini menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 46,28 meningkat sebesar 28,48 menjadi 74,76 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol 44,55 meningkat sebesar 23,04 menjadi 67,59 pada tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukkan nilai thitung>ttabel = 15,365>2,003 dengan df = 56 pada tingkat keberhasilan 95% (ɑ = 0,025). Karena, thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak. Dengan demikian, Ha yang menyatakan “Ada perbedaan kemampuan memahami teks cerita pendek antara siswa yang diajar menggunakan metode listening team dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional” dapat diterima. Dengan diterimanya Ha, dapat disimpulkan bahwa metode listening team berpengaruh dalam pembelajaran memahami teks cerita pendek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, metode listening team, memahami teks cerita pendek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 23 Sep 2019 07:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 07:09 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8599 |
Actions (login required)
View Item |