"Penelitian Kompetitif Tahun 2018 dengan judul ""Kajian Implementasi Building Information Modeling (BIM) untuk Evaluasi Biaya dan Jadwal Proyek Konstruksi Gedung di Kota Palembang"" dengan anggota Gunawan Tanzil, Yakni Idris" (Laporan Penelitian)

Fitriani, Heni (2018) "Penelitian Kompetitif Tahun 2018 dengan judul ""Kajian Implementasi Building Information Modeling (BIM) untuk Evaluasi Biaya dan Jadwal Proyek Konstruksi Gedung di Kota Palembang"" dengan anggota Gunawan Tanzil, Yakni Idris" (Laporan Penelitian). Project Report. LPPM Unsri, Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of New_Lap Akhir_Kajian Implementasi BIM.pdf] Text
New_Lap Akhir_Kajian Implementasi BIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dalam bidang konstruksi terus mengalami peningkatan yang cukup pesat. Pertukaran informasi, perubahan desain, visualisasi, estimasi biaya, penjadwalan, fabrikasi, proses konstruksi, dan perawatan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam suatu proyek konstruksi. Building Information Modeling (BIM) sebagai media teknologi dapat menjadi suatu sistem yang dapat menyinergikan proses konstruksi suatu bangunan mulai dari tahap awal perencanaan hingga manajemen pemeliharaan bangunan. Perkembangan teknologi aplikasi komputer rancang bangun yang semakin pesat menuntut inovasi di segala bidang. Permasalahan utama dari penerapan konsep BIM di Indonesia adalah minimnya aplikasi serta implementasi BIM terkait dengan mahalnya software BIM. Penelitian tentang penerapan BIM pada perusahaan arsitektur, rekayasa dan konstruksi di Indonesia juga masih sangat terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi penggunaan Building Information Modeling (BIM) pada perusahaan Architecture, Engineering, and Construction (AEC) di kota Palembang dan bagaimana penerapan BIM untuk evaluasi biaya dan jadwal pada proyek konstruksi gedung di kota Palembang.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA190-194 Management of engineering works
#3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Corresponding Author
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Heni Fitriani
Date Deposited: 27 Jan 2023 06:07
Last Modified: 27 Jan 2023 06:07
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/87573

Actions (login required)

View Item View Item