ISMANIAR, IMA and Utami, Sri and Masri, R.H.M Ali (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDED WRITING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYUAGUNG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (198kB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (71kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021181419018_0006125804_0005036803_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Scaffolded Writing terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 kayuagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Menggolongkan siswa ke dalam siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen, Penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga didapatkan rincian 27 siswa kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan 27 siswa kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks cerita pendek kelas eksperimen 64,44 dan kelas kontrol 59,30. Sementara nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 79,07 dan kelas kontrol 70,89. Hasil analisis data dengan uji t membuktikan bahwa thitung .> t tabel = 10,259 > 2,007 dengan df = 52 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan siswa yang diajarkan dengan model Scaffolded Writing terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kayuagung” diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model Scaffolded Writing lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kayuagung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model Scaffolded Writing, menulis teks cerita pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 25 Sep 2019 04:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2019 04:18 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/8788 |
Actions (login required)
View Item |