HUBUNGAN KEPUASAN PELAYANAN MAKAN TERHADAP SISA MAKAN PASIEN DI RSUD PALEMBANG BARI

KHAIRANI, PUTRI HIJIR and Ningsih, Windi Indah Fajar (2022) HUBUNGAN KEPUASAN PELAYANAN MAKAN TERHADAP SISA MAKAN PASIEN DI RSUD PALEMBANG BARI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_02.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (514kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_03.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (451kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_04.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (849kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_05.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_06.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_06_ref.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_13211_10021381823056_0015069203_07_lamp.pdf] Text
RAMA_13211_10021381823056_0015069203_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan pasien merupakan suatu indikator dari keberhasilan pelayanan di rumah sakit. Kepuasan pelayanan makan pasien dapat dinilai dari aspek tangible¸aspek reliability, aspek responsiveness, aspek assurance dan aspek empathy. Semakin sempurna pelayanan dari rumah sakit tersebut, maka akan semakin meningkat kepuasan pasiennya. Pelayanan makan yang tidak sesuai dapat menimbulkan ketidakpuasan pasien. Sisa makanan pasien adalah gambaran daya terima, efektivitas serta efisiensi pelayanan di rumah sakit. Sisa makanan yang tinggi berakibat pada tidak memenuhinya kecukupan gizi sehingga menyebabkan penurunan status gizi dan meningkatkan lama rawat inap pasien di rumah sakit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui hubungan kepuasan pelayanan makan terhadap sisa makanan pasien di RSUD Palembang BARI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Responden berjumlah 76 orang dipilih secara accidental sampling. Data diolah dengan uji statistik dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan sisa makanan pasien (p value = 0,001). Sebagian besar responden (57,9%) merasa puas dengan pelayanan makan RSUD Palembang BARI. Sisa makan pasien di RSUD Palembang BARI rendah ( 86,8%). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kepuasan pasien dengan sisa makanan pasien pada RSUD Palembang BARI (p value=0,01). Diharapkan untuk lebih meningkatkan pelayanan rumah sakit pada aspek reliability terutama ketepatan waktu pada penyajian makan pagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kepuasan, Kepuasan, Pelayanan Makan, Sisa Makan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10-Faculty of Public Health > 13211-Nutrition Science (S1)
Depositing User: Putri Hijir Khairani
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:42
Last Modified: 31 Jan 2023 06:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/88207

Actions (login required)

View Item View Item