ANALISIS KELAYAKAN FINANCIAL ARMADA ANGKUTAN BUS MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

SARI, LIDIA and Arliansyah, Joni and Marlisnar, Marlisnar (2006) ANALISIS KELAYAKAN FINANCIAL ARMADA ANGKUTAN BUS MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03013110063.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_02.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_03.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_04.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (29MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_05.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03013110063_0015066702_9900984415_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (18MB) | Request a copy

Abstract

Operasional pengelolaan Bus UNSRI yang selama ini masih membebani keuangan Universitas menjadikan moda transportasi tersebut sulit berkembang dan kurang menguntungkan. Namun prospek dalam pengelolaan bus mahasiswa Unsri tersebut masih dapat dikembangkan dengan berbagai Skenario, yaitu dengan memperbaiki cash flow’ agar sehat sehingga dapat dilakukan ‘reinvestasi’ yang menguntungkan bagi armada bus tersebut. Strategi pencapaian yang dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan bus mahasiswa Unsri dalam waktu yang tidak terlalu lama. Masalah yang paling utama dalam pengelolaan armada bus UNSRI yaitu kondisi pergerakan (sirkulasi) angkutan bus tidak maksimal serta kondisi armada bus mahasiswa yang ada sekarang kurang menguntungkan secara ekonomis, sehingga menyebabkan perputaran ‘cash flow’ armada tersebut pun kurang bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Kajian kelayakan dimaksudkan untuk melihat apakah kondisi armada yang ada sekarang menguntungkan secara ekonomis dan apakah bisa dilakukan Skenario reinvestasi yang terbaik dalam pengelolaan armada bus tersebut. Sumber data penelitian didapat dari pencatatan jumlah kendaraan yang beroperasi setiap harinya dan jumlah penumpang yang ada, dimana pencatatan tersebut dimulai dari jam 06:00 sampai jam 17:00. Dari hasil penelitian terlihat bahwa simpanan pendapatan bersih armada bus UNSRI yaitu sebesar Rp. 309.712.300,00/tahun layak secara finasial dan bisa dilakukan suatu reinvestasi dengan skenario yang tepat untuk investasi selanjutnya. Dari hasil analisis terhadap 2 skenario peremajaan yang diusulkan, maka dapat disimpulkan bahwa pada skenario pertama yaitu meremajakan kembali 34 unit bus yang akan habis usia ekonomisnya dalam jangka waktu 10 tahun dengan 34 unit bus baru berkapasitas 33 seat, semua alternatif yang diusulkan kurang layak secara finansial karena menghasilkan rasio B/C kurang dari satu, dan mengalami kerugian, sedangkan pada skenario kedua dengan asumsi armada bus UNSRI mempunyai usia ekonomis 20 tahun, alternatif yang terbaik yaitu meremajakan 22 unit bus yang akan habis usia ekonomisnya dalam jangka waktu 10 tahun kedepan dengan 22 unit bus baru berkapasitas 33 seat, akan menghasilkan Benefit Rp.17.256.799.100 dan cost yang dikeluarkan Rp. 17,020,048,100 sehingga menghasilkan net benefit yang lebih besar dibandingkan skenario pertama yaitu sebesar Rp 236,751,000, dengan rasio B/C-1,0139. Oleh karena itu skenario kedua merupakan skenario terbaik yang dapat diusulkan, dan diharapkan mewujudkan kondisi ‘cash flow’ yang sehat dan menguntungkan secara ekonomis dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Kata kunci : Financial, armada angkutan, reinvestasi, cash flow

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Financial, armada angkutan, reinvestasi, cash flow
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q1-295 General
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:01
Last Modified: 22 Feb 2023 03:01
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/89844

Actions (login required)

View Item View Item